Sabtu, 05 Januari 2013

Posting 8 Ekonomi Koperasi

Review 5
KRITIK TERHADAP KOPERASI (SERTA SOLUSINYA) SEBAGAI MEDIA PENDORONG PERTUMBUHAN USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM) 
Oleh: Bambang Suprayitno 
(Staf Pengajar FISE Universitas Negeri Yogyakarta) 

E. Penutup 

Secara konsep hampir bisa dikatakan bahwa koperasi adalah bentuk badan usaha yang paling ideal untuk diterapkan demi tercapainya kesejahteraan sosial. Namun seideal apapun suatu konsep hanya akan sebatas wacana belaka dan konsep ideal tadi hanya bisa terwujud dalam utopia ketika konsep yang diinginkan tidak sesuai dengan konteks yang ada dan ketika tidak dapat mengakomodasi perubahan yang ada di sekitarnya.
Kita bisa menarik hikmah kenapa kapitalisme tumbuh subur bahkan kehancurannya tidak terwujud sebagaimana yang didengungkan para filosof yang mempunyai ideology yang bertentangan dengan kapitalisme, namun sebaliknya kenapa komunisme semakin meredup bahkan seperti tdak ada nyawa dalam peradaban sekarang ini. Satu hal yang mesti dipetik dari fenomena ini adalah kapitalisme tumbuh subur karena ideologi dijalankan dengan penuh kebijakan dan adanya perbaikan terus menerus sehingga seringkali kita mendapatkan sentuhan sosialisme dari tangan-tangan pendukung kapitalis. 
Begitu juga dengan koperasi, sesempurna apapun konsep yang dikemukakan namun jika tidak bisa dijalankan dalam tataran kontekstual yang tepat maka tidak akan berjalan baik. Dengan adanya kritik dan evaluasi yang diwujudkan dalam perubahan yang mengadaptasi konsteks yang ada maka niscaya koperasi akan dapat mencapai tujuannya. 
Dengan organisasi koperasi yang kuat maka UMKM akan juga semakin kuat namun jika koperasi tidak sehat maka menjadi suatu kesia-sian UMKM bergabung dalam wadah ini. Namun jika UMKM berjuang sendiri-sendiri maka besar kemungkinan akan terlibas arus globalisasi dan perdagangan bebas. Ujung–ujungnya tak ubahnya kita akan terjajah secara ekonomi oleh kekuatan perusahaan multinasional yang masuk dalamaktivitas ekonomi domestik kita. Mudah-mudahan hal ini tidak terjadi, mari kita benahi koperasi kita.


Daftar Pustaka 
Cuplikan dari buku terbitan Lembaga Penelitian SMERU, Desember 2003, “Narasi Upaya Penguatan Usaha Mikro/Kecil di Tingkat Pusat Tahun 1997-2003 oleh kelompok Perbankan dan Organisasi Pemerintahan”. 
Indarti, Nurul. “Rendah, Adopsi Teknologi Informasi oleh UKM di IndonesiaJune 23, 2007.Posted by nurulindarti in Coretan 'Ilmiah'. Artikel pernah dimuat di Majalah Pusat Informasi Perkoperasian. Dewan Koperasi Indonesia. Edisi 281/Januari/Th. XXIV/2007. 
Kompas, 6 September 2000, “Di Irja, 300 Koperasi Tutup”. 
MiIler, Roger L. (1985). Intermediate Microeconomics, 2nd Edition. Singapore: Mc Graw Hill. 
Mubyarto. “Dari Ilmu Berkompetisi ke Ilmu Berkoperasi”, Jurnal Ekonomi Rakyat. Artikel - Th. II - No. 4 - Juli 2003.
Ngatidjo, “Garis Besar Pemikiran Ekonomi Terpadu” saduran dan terjemahan dari Peter Moers (moers@strohalm.nl) dan Stephen DeMeulenaere (stephen@strohalm.nl).bk3d@indo.net.id. Puskopdit Bekatigade, Yogyakarta DIY.
Swasono, Sri Edi. “Sistem Ekonomi Indonesia”, Jurnal Ekonomi Rakyat. Artikel - Th. I - No. 2 – April 2002.
UU No.25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian.
Widiyanto, Ibnu (1998). “Koperasi sebagai Pelaksana Distribusi Barang: Realita dan Tantangan”,(Sebuah Pendekatan Pragmatis). NETSeminar: Merancang dan Memelihara Jaringan Distribusi Barang Yang Tangguh Dan Efisien Di Indonesia. 1-5 September 1998 FORUM TI-ITS.
www.depkop.go.id .”47 Koperasi NTB raih dana bergulir , Wednesday, 22 August 2007.
www.depkop.go.id, “ Dana Bergulir Difokuskan ke Sektor Usaha Produktif” Monday, 09 July 2007
www.menkokesra.go.id/content/view/3391/1/. “UKM Sumbang 53,3 Persen Total PDB Indonesia 2006”, 20-03-2007.
www.menlh.go.id.” Kriteria Usaha Kecil”.28 Agustus 2007.


Nama : Nisaa’ Aqmarina
NPM : 25211190

Tidak ada komentar:

Posting Komentar