Rabu, 23 November 2011

Perkembangan Bisnis Online

Memulai bisnis secara online tidak ada bedanya dengan bisnis secara offline selain membutuhkan modal materi, bisnis di internet juga seharusnya setiap individu paling tidak memiliki sedikit akuntabilitas dari setiap masing-masing jenis bisnis online yang bakal di geluti seperti PPC, TLA, Bisnis Affiliate, PTR, dan lain sebagainya.

Pengertian Bisnis
Bisnis menurut wikipedia adalah : Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
Bisnis menurut tutorial digital adalah suatu kegiatan yang bertujuan menghasilkan keuntungan bagi yang menjalankan atau melakukannya.

Pengertian Online
Online menurut wikipedia adalah dalam jaringan (disingkat: daring, Inggris: online) adalah keadaan di saat seseorang terhubung ke dalam suatu jaringan ataupun sistem yang lebih besar.
* Dalam percakapan umum, "saya sedang online", dapat berarti seseorang terhubung dengan jaringan (network) yang lebih besar seperti Internet, atau sedang terhubung dengan orang lain melalui sambungan telepon.
* Dalam sebuah sistem yang terkait pada aktivitas tertentu, sebuah elemen dari sistem tersebut dikatakan online jika elemen tersebut dalam keadaan beroperasional. Sebagai contoh, sebuah instalasi pembangkit listrik dikatakan online jika ia dapat menyediakan listrik pada jaringan elektrik.
* Dalam telekomunikasi, istilah online memiliki arti lain yang lebih spesifik. Suatu alat yang diasosiasikan dalam sebuah sistem yang lebih besar dikatakan online bila berada dalam kontrol langsung dari sistem tersebut–dalam arti jika ia tersedia saat akan digunakan oleh sistem (on-demand), tanpa membutuhkan intervensi manusia, namun tidak bisa beroperasi secara mandiri di luar dari sistem tersebut.

Online menurut Tutorial Digital adalah suatu keadaan atau kondisi dimana seseorang atau sekumpulan orang atau sekelompok orang yang terhubung didalam satu jaringan internet.
Dari pengertian diatas maka tutorial digital menyimpulkan bahwa pengertian dari Bisnis Online adalah : Suatu kegiatan atau aktivitas yang dilakukan di jaringan internet yang bertujuan untuk menghasilkan keuntungan bagi seseorang atau individu atau organisasi yang melakukan kegiatan atau aktivitas tersebut.
Sejarah Bisnis Online

Sejak kapankah sebenarnya bisnis online menjadi booming di dunia?
Berikut sejarah e-commerce atau di Indonesia kita kenal sebagai bisnis online.
E-commerce mungkin sebuah konsep yang relatif baru dibandingkan dengan fenomena lain, namun akan menarik untuk mengikuti sejarah tidak peduli betapa singkat. Tentu saja konsep perdagangan internasional telah ada untuk waktu yang lama dan orang-orang telah terlibat dalam pertukaran yang baik dan jasa dalam bentuk impor atau ekspor dan sumber global dalam bentuk lain sejak kembali panjang. Dalam artikel ini sejarah singkat e-commerce, kita akan melihat sehingga kontribusinya terhadap konsep perdagangan internasional dapat diputuskan dalam perspektif yang benar serta perannya dalam mempromosikan perpindahan lintas batas baik dan jasa atau impor atau ekspor dan global sumber.
Dalam arti sebenarnya dari dunia e-commerce telah ada jauh sebelum penggunaan evolusi dan umum dari mesin keajaiban yaitu komputer. Hal ini seharusnya tidak mengejutkan karena teknologi elektronik telah ada sejak jauh sebelum munculnya komputer dan telah menjadi fenomena perdagangan internasional dalam berbagai bentuk seperti impor atau ekspor dan mencari alternatif yang layak telah ada, yang membentuk global sourcing.
Masih ini tidak berarti bahwa e-commerce telah ada selama berabad-abad, tetapi catatan yang tersedia awal atau e-commerce tersedia sedini tahun 1984 ketika maka pertukaran data elektronik diciptakan, yang membantu perusahaan untuk melaksanakan transaksi mereka dalam banyak lebih dapat diandalkan cara dari sebelumnya dalam hal perdagangan internasional, impor atau ekspor dan sumber global.
Catatan pertama dari perusahaan membiarkan orang membeli barang dari komputer hadir pada awal 1992 dalam bentuk Compuserve, yang tidak mungkin menawarkan dorongan besar untuk perdagangan internasional, impor atau ekspor atau sumber global tapi itu memberikan dasar yang sederhana untuk pengembangan masa depan di arena.
Tahun 1995 tidak bisa dilupakan karena menandai awal dari dua raksasa dari Amazon dan Ebay yang tidak membutuhkan pengenalan hari ini sudah pasti memberikan kontribusi dengan cara mereka sendiri untuk perdagangan internasional, impor atau ekspor dan sumber global. Infact sedini tahun 1999, penjualan ritel di internet telah mencapai setinggi dua puluh miliar dolar.
Sisanya seperti yang mereka katakan adalah sejarah dan saat ini luas dan ruang lingkup e-commerce ada untuk semua untuk melihat dan dampaknya terhadap perdagangan internasional, impor atau ekspor dan sumber global tentu dirasakan sangat dalam semua bidang ekonomi global. Masa depan e-commerce tentu lebih terang dibandingkan dengan situasi saat ini meskipun beberapa ahli melakukan mengungkapkan beberapa keprihatinan atas ekspansi pertumbuhan e-commerce dan pengaruh dalam perdagangan internasional, impor atau ekspor dan sumber global.

Langkah awal memulai bisnis online
Internet memang sumber informasi terlengkap.Peluang usaha yang ada di internet jumlahnya tidak bisa di hitung dengan jari. Sangat banyak. Ada yang menjual produk sendiri dan tidak sedikit yang menjual produk orang lain.
Jika saat ini anda sudah punya pekerjaan dan ingin mendalami bisnis online, saran saya jalani terus pekerjaan anda dan luangkan waktu anda dua jam atau tiga jam setiap hari untuk mendalami bisnis online. Biarpun dua jam asalkan konsisten setiap hari insya Allah akan banyak perkembangan.
Sangat beresiko jika anda meninggalkan pekerjaan anda untuk mendalami bisnis online jika anda seorang pemula. Sebab banyak sekali yang harus anda pelajari dan tentuna tidak bisa langsung menghasilkan. Kecuali jika anda sudah punya pengalaman yang cukup di bidang internet marketing.

Berikut ini adalah langkah-langkah awal yang harus anda kerjakan jika ingin memulai usaha bisnis online.
1. Tentukan pasar
Langkah awal yang harus anda kerjakan adalah menentukan pasar, dalam hal ini sesuaikan dengan hobi anda. Misalnya anda hobi memasak, maka tentukan pilihan anda untuk mengambil topic soal dunia masakan. Dan tentukan arget pasar anda, apakah pria, wanita, atau semua yang berumur 18 tahun keatas.
Pasar yang di tentukan dan target ini saling berhubungan erat. Misalkan anda mengambil topicotomotif maka sudah tentu target pasar anda adalah laki-laki berumur 15 tahun ke atas. Jika pilihan anda adalah dunia memasak, maka sudah tentu targetnya adalah ibu-ibu atau remaja berumur 18 tahun ke atas.

2. Riset Pasar
Langkah berikutnya adalah riset pasar. Jadi topic yang telah anda pilih tadi coba anda riset. Banyak gak pencarinya. Pesaingnya terlalu banyak tidak. Pilih yang pencarinya banyak tapi pesaingnya sedikit. Anda ingin tahu cara riset yang benar dan lengkap ? bergabunglah di asian brain. Di sana anda akan dipandu tentang cara riset secara rinci dan sangat lengkap.

3. Buatlah Blog
Jika anda sudah tentukan topic dan dan sudah merisetnya, maka langkah berikutnya anda harus membuat blog untuk mendatangkan pengunjung. Membuat blog ada yang gratisan ada yang berbayar. Untuk yang gratisan silahkan baca panduan cara mebuat blog gratis disini.
Jika blog anda ternyata banyak pengunjungnya, karena banyak yang suka dengan topik anda, maka anda bisa menjual apa saja di blog anda. Apakah anda ingin menjual produk sendiri atau produk orang lain. Menjual produk orang lain di sebut affiliate. Bisnis affiliate banyak sekali macamnya. Salah satunya adala PPC ( Pay Per Cklick ).
Asian Brain memberikan panduan yang sangat lengkap tentang bisnis PPC ini, khususnya PPC luar negri yang nilai perkliknya lebih mahal dari PPC lokal. Sebuah pilihan yang sangat tepat jika anda bergabung di asian brain.

4. Kumpulkan Konten
Langkah berikutnya adalah mengumpulkan konten. Konten bisa berupa Artikel, Gambar, Video dan lain-lain. Untuk mengumpulkan konten berupa artikel, tentu anda harus membuatnya sendiri. Google akan cepat mengindex blog anda jika anda memposting konten anda secara rutin setiap hari dan kontennya unik, artinya murni buatan anda sendiri tidak mencopy paste konten artikel orang lain.

5. Beli Domain dan Hosting
Jika anda ingin blog anda tampak lebih profesional maka anda harus membeli domain ( alamat blog ) dan Hosting ( tempat menampung konten ). Untuk membeli domain dan hosting saya merekomendasikan anda untuk membeli di Jogja Host. Di Jogja Host harganya murah dan servisnya sangat memuaskan.

6. Promosikan
Agar blog anda di kenal orang, di kunjungin orang, maka anda harus mempromosikan blog anda. Baik melalui tehnik-tehnik SEO maupun dari promosi lainnya, seperti iklan baris, Facebook, Twitter dll.
Itulah langkah-langkah dasar untuk memulai bisnis online. Jika ingin yang lebih lengkap, bergabunglah di asian brain. Di sana anda akan diajarkan mulai A sampai Z tentang bisnis online yang bisa menghasilkan ribuan dollar.

Keuntungan bisnis online yang menjadi daya tarik para pencari usaha :
1. Tidak membutuhkan modal usaha yang terlalu besar. Dalam menjalankan bisnis online, modal bukanlah hal utama bagi para pengusaha. Karena banyak peluang yang dapat dijalankan dengan modal kecil bahkan tanpa modal sama sekali, modal utama yang seharusnya dimiliki adalah fasilitas komputer dan adanya jaringan internet

2. Menjangkau pasar yang lebih luas dibandingkan toko offline. Keuntungan yang kedua dari bisnis online adalah, luasnya jangkauan pasar. Karena dengan jaringan internet, dapat membantu pemasaran bisnis yang Anda jalankan hingga mencakup semua daerah bahkan sampai ke lain negara. Yang dibutuhkan hanya optimalisasi penggunaan SEO, agar bisnis Anda mudah ditemukan konsumen

3. Memberikan keuntungan baik materi maupun non materi. Keuntungan materi yang diperoleh dari bisnis online tidak kalah besar dibandingkan bisnis offline, karena biaya operasional bisnis online yang cenderung masih rendah. Selain itu keuntungan non materi dengan bertambah luasnya jaringan, juga sangat membantu perkembangan bisnis online yang dijalankan

4. Waktu kerja bisnis online yang tidak terbatas, bahkan nonstop 24 jam. Karena dalam menjalankan bisnis online yang bekerja adalah sistem, sehingga tugas kita sebagai pemilik usaha hanya memberikan follow up atas permintaan yang telah diterima sistem

5. Mudahnya pelayanan yang diberikan kepada para konsumen, dengan fasilitas online yang mendukung. Misalnya untuk pembayaran dapat dilakukan dengan mencantumkan nomor rekening perusahaan Anda, sehingga hasil omset penjualan dapat langsung Anda terima.

6. Lebih fleksibel dari segi waktu. Kapanpun , dimanapun selama koneksi internet lancer, bisnis berjalan

7. Karena internet bersifat global, tidak cuma pengunjung lokal atau nasional saja yang bisa melihat dan membeli barang-barang anda

8. Anda bisa membeli barang berdasar pesanan karena tidak perlu stok atau display. Tapi pastikan barang tersebut available supaya tidak mengecewakan pembeli

9. Biaya Murah & Terjangkau
Biaya promosi dan pemasaran bagi sebagian produk yang dipasarkan, memerlukan bujet cukup besar. Setiap produk punya persentase biaya pemasaran yang berbeda-beda.
Bermacam bentuk pemasaran yang sering dilakukan yaitu melalui media iklan, seperti iklan cetak di surat kabar, majalah, brosur, atau profil perusahaan (company profile). Iklan lain dengan biaya tak kalah mahal, lewat media elektronik seperti TV dan radio. Melalui media internet, biaya pemasaran dari produk yang kita tawarkan jadi lebih terjangkau. Pertama, tak harus mencetak brosur, karena semuanya sudah bisa ditampilkan di situs (website). Kedua, biaya pembuatan situs, pemeliharaan, dan perpanjangannya juga amat terjangkau, sehingga bisa dilakukan semua orang.

10. Tak Perlu Toko
Dengan berbisnis via internet, Anda tak memerlukan toko untuk memajang barang dagangan yang ditawarkan. Sehingga bisa menghemat biaya operasional, yaitu biaya sewa dan biaya lain seperti listrik, air, dan lainnya, termasuk pramuniaga (penjaga toko).

11. Tak Perlu Gudang & Tempat Luas Untuk Stok Barang
Salah satu keunggulan dari berbisnis via internet ini seringkali pebisnis tak perlu tempat alias gudang besar untuk stok barang/ dagangannya, sehingga bisa menghemat biaya gudang atau sewa tempat. Salah satu contoh pebisnis lewat internet adalah DELL Computer di Amerika Serikat, yang menjual komputer melalui internet.

Kekurangan Bisnis Online :
1. Resistensi Membeli Secara Online
Bagi orang awam yang belum pernah bertransaksi secara online, akan merasa janggal ketika harus bertransaksi tanpa bertatap muka atau melihat penjualnya. Belum lagi ketakutan bila pembayaran tak terkirim atau tak diterima. Atau barang tak dikirim, atau bahkan barang dikirim tetapi tak diterima.

2. Sistem Pembayaran
Salah satu penyebab nomor 3 atas resistensi membeli atau berbelanja secara online, karena “dirasakan” rumitnya sistem pembayaran untuk transaksi online. Banyak orang meragukan transaksi dengan pembayaran ke rekening langsung melalui transfer bank, karena takut tertipu. Metode yang sering dilakukan, pakai kartu kredit. Sayangnya, banyaknya penipuan kartu kredit di Indonesia untuk transaksi online, menyebabkan pembayaran kartu kredit di Indonesia ditolak. Metode lainnya, dengan uang elektronik atau dompet elektronik. Tapi, tak semua orang familiar dengan metode ini, dan dirasa amat merepotkan.

3. Pasar Seluruh Dunia Tapi Terbatas Pada Pengguna Internet (Muda)
Pengguna internet (khususnya di Indonesia, jika hanya ingin memasarkan di Indonesia), relatif anak muda. Orang tua usia di atas 45 tahun hanya sedikit yang menggunakan internet sebagai media transaksi (kecuali sebagian untuk transaksi perbankan). Sehingga, bila barang yang Anda pasarkan menargetkan kalangan atas dengan usia lebih “matang”, kemungkinan akan lebih memilih transaksi secara konvensional.

4. Pelanggan tidak bisa melihat atau mencoba produk sebelum membeli. Sehingga jangan heran kalau ada yang meminta tukar kaena alasan tertentu. Kesimpulannya dobel ongkos kirim

5. Siap-siap dimarahin pembeli yang kiriman barangnya belum sampai, padahal sudah dikirim 3 hari yang lalu dengan one night serice. Hal ini sering kali terjadi

6. Kalau kurang promosi, online store anda bisa sepi pengunjung.

Penyebab maraknya para pedagang membuka usaha bisnis online
1. Murah. Biaya untuk membuka toko online boleh dibilang murah. Cukup dengan memiliki akses internet, seseorang sebetulnya sudah bisa membuka toko online.

2. Mudah. Yang ini sebetulnya juga relatif. Menjadi mudah kalau mengetahui caranya. Mudah di sini maksudnya mudah dipelajari dan juga mudah dipraktekkan. Cukup belajar sebentar saja gimana cara membuat toko online, biasanya Anda bisa langsung memiliki toko online. Pokoknya lebih mudah dari belajar membuat kue tart (buat saya sih, begitu).

3. Pengguna internet makin banyak. Dengan semakin membaiknya infra struktur jaringan komunikasi di negeri kita tercinta ini, semakin mudah dan murah juga cara dan biaya untuk mengakses internet. Karena itu semakin hari makin bertambah saja pengguna internet, baik di negeri sendiri maupun seantero jagad. Semakin banyak pengguna internet, tentunya semakin besar pula jumlah prospek yang bisa disasar.

Kendala utama dalam memulai usaha bisnis online adalah:
1. Koneksi Internet
Mungkin bagi anda yang tinggal di daerah kawasan perkotaan atau kota-kota besar koneksi internet bukan lah menjadi suatu kendala yang berarti, namun sebaliknya bagi mereka yang tinggal di desa seperti saya dimana jaringan Internet masih jauh di bawah standart. Coba bayangkan hari gini masih manggunakan jaringan non nirkabel seperti GPRS atau bahkan Edge.

2. Penguasaan Bahasa Asing
Ini merupakan kendala terbanyak dan paling umum dimiliki oleh para pemulabisnis online yaitu faktor penguasaan bahasa asing atau inggris. Walaupun ada saja solusi untuk mengatasi masalah tersebut seperti bisnis paid review dengan memakai jasa penerjemah namun tetap saja tidak akan maksimal usaha yang dilakukan karena sifat ketergantungan secara terus-menerus tidak akan bisa menjamin totalitas hasil usaha akan terwujud secara maksimal.

3. Kemampuan dan Tekad
Tekad saja alias modal nekat serta kemauan hasrat tinggi tidaklah cukup untuk sukses dalam bisnis internet tanpa memiliki kemampuan atau salah satu keahlian dasar dari seluruh cakupan yang dibutuhkan sebagai penunjang dalam hal ini adalah hal-hal yang merupakan bagian dari faktor yang harus setidaknya sedikit terpenuhi sebagai kelengkapan atau materi modal skill di bisnis online.

4. Tidak memiliki barang untuk didagangkan secara online
Bila Anda ingin berjualan secara online, maka barang dagangan Anda haruslah unik, tidak mudah didapat di semua pelosok bumi, dan tentunya bisa memberikan manfaat bagi pembelinya. Jadi, bila Anda memutuskan untuk berjualan sabun mandi yang banyak dijual di toko-toko kelontong, secara online, maka bisa dipastikan Anda akan gulung dan simpan tikar dagangan Anda lebih cepat dari yang pernah Anda duga. Lain halnya jika Anda menjual secara online sabun yang bisa membuat kulit keriput menjadi kencang kembali. Jika memang ada produk seperti itu, maka Anda bisa secepatnya punya rumah baru, mobil baru, dll. Jadi, persoalan ini memang menjadi salah satu kendala karena tidak semua kita bisa memiliki barang yang layak dan pantas untuk didagangkan secara online.

5. Merasa tidak menguasai manajemen toko online
Semua kegiatan usaha harus di-menej secara baik. Banyak perusahaan jatuh terpuruk karena manajemen amburadul. Dan, bahwa manajemen toko online berbeda dengan manajemen toko offline. Jadi, bila Anda merasa tidak menguasai manajemen toko online, maka ini adalah alasan paling tepat untuk tidak membuka toko online. Sungguh sangat tepat. Jadi, kalau ini masalahnya, silakan Anda melanjutkan usaha dagang offline Anda, sementara teman-teman Anda yang sama-sama tidak menguasai manjemen toko online, namun berani membuka toko online, memanen untung berlimpah ruah dari toko online-nya.

Jadi sebagai pemula mungkin solusi terbaik sebelum terjun di dunia bisnis online ada baiknya anda melakukan pendekatan secara personal pada orang-orang/ blogger/ marketer sukses dengan cara mungkin bersilatuhrahmi langsung kerumahnya atau kopdar bareng kemudian berkonsultasi ya itupun jika yang bersangkutan mau dan andapun mempunyai tekad bulat untuk benar-benar ingin terjun di bisnis internet.

http://bisnis-online-internet.blogspot.com/2009/09/kendala-utama-memulai-bisnis-secara.html
http://ilmubisnisonline.com/
http://www.metris-community.com/definisi-bisnis-online/
http://www.tutorialdigital.com/2009/11/pengertian-bisnis-online.html
http://peluangusaha-oke.com/langkah-awal-memulai-bisnis-online/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar