Senin, 14 Oktober 2013

Bidang usaha yang prospektif saat ini

Pertumbuhan masyarakat yang akhir-akhir ini cenderung pesat ditambah dengan gaya hidup yang semakin tinggi sehingga hal itu dapat membuka peluang usaha yang memungkinkan terutama di gaya hidup dan tingkat ekonomi yang terjadi di kota-kota besar hal ini dapat membuka mindset bagi orang-orang dengan tingkat kreatifitas yang tinggi. Banyak sekali peluang –peluang usaha yang dapat diambil karena kesibukan dari orang-orang yang ada selama ini sehingga dengan sangat mudah peluang itu dapat diwujudkan seperti contohnya dengan gaya hidup suami istri yang keduanya bekerja membuka peluang usaha sperti penitiapan bayi atau anak atau membuka peluang usaha dengan mendirikan yayasan pengelolaan dan penyediaan baby sister atau dapat juga dibuka peluang usaha catering bagi mereka yang tidak sempat memasak dirumah atau membuka usaha restoran cepat saji.

Saat ini usaha restoran cepat saji sangat menguntungkan, setiap manusia pasti membutuhkan makanan tetapi bagi orang-orang yang bekerja hampir setiap hari mereka tidak sempat untuk menyiapkan makanan dan mereka memilih untuk membeli makanan siap saji.

Usaha kuliner atau biasa disebut makanan siap saji bisa membawa dampak kemajuan bagi seorang pengusaha. Ada beberapa tips dasar untuk memulai usaha tersebut seperti:
  1. Kemampuan beli masyarakat. Sebelum memastikan produk yang akan dijual, pastikan dulu lokasi yang menjadi tujuan bisnis kita seerta jangan lupa amati lingkungan sekitar. Pemantauan daerah sekitar lokasi bertujuan menentukan produk apa yang paling bagus dan cepat laris untuk dijual. Lakukan survey produk yang dijual berdasarkan kemampuan beli masyarakat. Jika produk yang dijual terlalu tinggi, sementara kemampuan beli warga rendah, dapat dipastikan usaha tidak akan seperti yang direncanakan.
  2. Selera masyarakat. Konsep dasar laiinya yang menentukan kesuksesan dari bisnis kuliner ditahun 2013 ini adalah citarasa olahan makanan. Samakan rasa makanan dengan target pasar yang dibidik. Lakukan juga survey pasar untuk mendapatkan apa yang diinginkan warga disekeliling. Jangan hanya memerhatikan selera dan keinginan diri sendiri, karena belum tentu selera lidah kita sama dengan selera sebgian banyak orang.
  3. Gaya hidup. Trend makanan saat ini tidak hanya sebagai pengganjal perut, namun juga sebagai bagian dari gaya hidup. Contoh kota yang menjadikan makanan sebagai gaya hidup adalah Jakarta. Jika jeli melihat peluang yang ada dan mensandingkannya dengan jenis makanan yang sedang nge-tren dari gaya hidup warga sekitar, maka dapat dipastukan juga bahwa bisnis kita bakal disukai pasar yang kita bidik.
  4. Pemasaran. Sebelum memulai usaha tersebut, ada bagusnya untuk menganalisis pasar dan teknik pemasaran yang kompetitor lakukan. Perhatikan teknik promosi yang dilakukan calon kompetitor. Promosi yang tidak efektif dan salah sasaran hanya akan membuang waktu, tenaga serta uang.
  5. Rencana produksi. Konsep rencana produksi juga harus mulai dipikirkan jika memulai bisnis ini. Perhatikan dengan teliti dari sumber bahan baku, alur produksi, harga produksi, peralatan, kualitas, keunggulan produk, sampai kemasan produk yang akan dijual. Disarankan jangan hanya asal menjual produk, sedangkan sumber bahan baku sulit didapatkan. Hal itu nantinya dapat mengganggu kelangsungan produksi produk kita.


http://kuncibisnis.com/prospek-trend-peluang-usaha-2013-modal-kecil.php#.UlysY1Bmj0s

Tidak ada komentar:

Posting Komentar